Penerimaan LPSDK Partai dalam pengawasan Bawaslu

Penerimaan LPSDK Partai dalam pengawasan Bawaslu

Bertempat di Pendopo KPU Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 2 Januari 2019, sejak pukul 08.30 pengurus Partai Politik mulai berdatangan untuk menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK).

Ketua KPU Kabupaten Kulon progo menyampaikan, LPSDK merupakan kewajiban yang harus dilakukan Peserta Pemilu dan diserahkan pada tanggal 2 Januari 2019 paling lambat pada pukul 18.00 serempak secara Nasional di seluruh Indonesia.

Sampai pukul 17.58 WIB. 15 (limabelas) Partai Politik dan 2 (dua) pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden telah menyerahkan laporannya. Proses penyerahan juga diikuti dengan pencermatan atas kelengkapan berkas oleh tim penerimaan LPSDK KPU Kabupaten Kulon Progo.

Pada saat ditanya kenapa hanya 15 Parpol yang menyerahkan LPSDK? Adiyuni Biro Hukum Sekretariat KPU Kulonprogo menyampaikan, bahwa sejak bulan Januari 2018 pengurus PKPI Kabupaten Kulonprogo sudah mengundurkan diri.
Proses penyerahan LPSDK dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Kulon Progo. Secara simbolik, setiap Berita Acara Penerimaan berkas LPSDK diserahkan kepada Partai Politik Peserta Pemilu juga diawasi oleh Bawaslu dengan melakukan foto bersama.

Sebelumnya, untuk proses penyusunan LPSDK, KPU menyediakan help desck yang siap membantu Partai Politik dan Tim Kampanye Calon Presiden Wakil Presiden dalam mengoperasikan aplikasi LPSDK ataupun menjelaskan ketentuan terkait Laporan Dana Kampanye. (Ida,03022019)