KPU Kulon Progo Seleksi Wawancara Relawan Demokrasi Pemilu 2019

KPU Kulon Progo Seleksi Wawancara Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Meningkatkan partisipasi adalah pertanyaan kunci yang diajukan dalam  wawancara calon relawan demokrasi. 67 pendaftar menunjukkan mereka menguasai isu yang ada dalam basis yang dimilikinya sekaligus menguasai  dan memahami komunitas basis yang mereka pilih.

Komitmen meningkatkan partisipasi dengan target 85 % dari KPU Kabupaten Kulonprogo menjadikan kegiatan rekrutmen Relawan Demokrasi upaya strategis agar bisa mendapatkan Relawan yang memahami ketentuan-ketentuan dalam pemilu 2019 sekaligus memiliki ketrampilan dalam sosialisasi  dan mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi.

Ada tiga point penting yang digali dari calon Relawan Demokrasi dalam wawancara; pertama, pengetahuan Calon atas basis yang dipihnya dan kewilayahan. Kedua, rekam jejak dan independensi, Calon Relawan. Dalam menggali informasi tentang rekam jejak inilah Calon Relawan ditanya tentang pengalaman mengorganisir sector atau basis yang dipilihnya. Sementara informasi ketiga yang digali  adalah komitmen, motivasi dan kemampuan kerjasama dari para calon relawan.

Wawancara dilakukan sejak pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 17.00 WIB di pendopo KPU Kabupaten Kulonprogo.

Dari 67 pendaftar, yang terdiri dari laki-laki 26 orang dan perempuan 41 orang yang tidak hadir mengikuti wawancara ada 2 orang. Relawan menyebar dari seluruh Kecamatan, meskipun Kecamatan Wates dan Sentolo jumlah pendaftarnya jauh lebih banyak dibanding pendaftar dari Kecamatan yang lain.

Setelah melakukan wawancara, Komisioner KPU melakukan pleno untuk memutuskan 55 Calon Relawan Demokrasi yang dinyatakan memenuhi kulifikasi yang disyaratkan. 

“Dengan kualifikasi yang ada, relawan demokrasi yang lulus memberikan harapan positif bahwa mereka akan mampu meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Kulon Progo” Tutur Hidayatut Thoyyibah optimis.(Ida 2019)