PERSIAPKAN PPK LEBIH DINI, KPU KABUPATEN KULONPROGO ADAKAN SIMULASI REKAPITULASI DI KECAMATAN

PERSIAPKAN PPK LEBIH DINI, KPU KABUPATEN KULONPROGO ADAKAN SIMULASI REKAPITULASI DI KECAMATAN

KPU Kabupaten Kulon Progo bersama PPK se Kabupaten Kulon Progo mengadakan simulasi rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan pada hari Jumat, 18 Januari 2019 di RPP Kabupaten Kulon Progo. Simulasi ini dilakukan untuk memperhitungkan waktu rekapitulasi di kecamatan, mengingat tidak adanya rekap hasil pemungutan suara di tingkat desa, sehingga dipastikan rekapitulasi berlangsung berhari hari. Dalam simulasi rekapitulasi 1 TPS  membutuhkan waktu 33 menit 7 detik yang terdiri dari rekap 5 buah jenis formulir yaitu untuk Presiden dan Wakil Presiden (5 menit), DPR RI (10 menit 33 detik), DPR (3 menit 38 detik), DPRD Provinsi (8 menit 41 detik) dan DPRD Kabupaten (05 menit 15 detik)

Waktu yang dibutuhkan dalam simulasi TPS pertama sebanyak 33 menit 7 detik itu adalah waktu minimal yang dibutuhkan, karena untuk rekapitulasi yang sesungguhnya tentunya ada masukan atau perbaikan dari perbagai pihak yang membutuhkan penjelasan dari PPK setempat. Pada pembacaan simulasi  TPS kedua waktu yang diibutuhkan adalah 40 menit 93 detik. Sehingga dari simulasi 2 TPS itu rata rata tiap TPS membutuhkan waktu 37 menit 20 detik

Setelah selesai acara rekap ketua Divisi Teknis menyampaikan waktu rekap tiap TPS akan bervariasi, tetapi paling tidak PPK sudah mempunyai gambaran dan dapat merancang pelaksanaan rekapitulasi tersebut.

Setelah simulasi tersebut PPK se kabupaten Kulon Progo mulai merancang pelaksanaan rekapitulasi di tingkat Kecamatan. Danu, Ketua PPK Samigaluh menyampaikan bahwa  diwilayah kerjanya terdapat 67 TPS yang membutuhkan waktu rekap untuk tiap TPS  paling sedikit 37 jam dengan acuan 1 TPS 33 menit 7 detik.

 PPK Samigaluh merencanakan rekapitulasi akan berlangsung selama 3 hari dengan dibuat 2 kelompok parallel untuk mempercepat proses rekapitulasi, dengan pembagian hari 1 sejumlah 37 TPS, hari kedua 30 TPS, hari 3  adalah 10 TPS  yang dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kecamatan sebanyak 7 desa.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kulon Progo, Tri Mulatsih menyampaikan bahwa simulasi rekapitulasi ini penting, tidak hanya mengetahui kebutuhan waktu rekapitulasi di setiap TPS akan tetapi juga PPK belajar tentang tata taca rekap di Kecamatan sehingga akan lebih siap dalam melakukan rekap di tingkat kecamatan yang dijadwalkan 18 April-27 April.