34 PEMILIH LUAR AKAN MENGGUNAKAN HAK PILIH DI KALIBAWANG

34 PEMILIH LUAR AKAN MENGGUNAKAN HAK PILIH DI KALIBAWANG

KPU Kabupaten Kulon Progo membuka posko pelayanan pindah memilih di 12 kecamatan di kebupaten Kulon Progo dan di titik-titik yang terdapat jumlah potensi pemilih pindahan diantaranya di Temon (pekerja Bandara NYIA) , di Proyek Pembangunan di sejumlah kecamatan diantaranya Wates dan Panjatan dan Nanggulan.

Untuk posko pertama dibuka di Kecamatan Kalibawang, gedung Riptaloka. Antusiasme pemilih pindahan ternyata luar biasa berkat dukungan dari pihak kecamatan dan pihak desa dan didukung penuh oleh PPS dan PPK.

Dari catatan Ketua PPK Kecamatan Kalibawang, Sukaryanto, dari posko ini KPU kabupaten Kulon Progo mengeluarkan formulir pindah memilih sebanyak 34 orang. Alasan pemilih pindah memilih ke Kalibawang diantaranya beberapa alasan, memasuki masa pensiun, merawat orang tua, mempunyai usaha, menempuh pendidikan, dan lain lain. Diantaranya pemilih yang hadir ada beberapa yang tidak dapat dilayani sebanyak 6 orang dikarenakan belum terdaftar di TPS asal sesuai dengan alamat KTP El yanag bersangkutan. Akan tetapi nama nama pemilih tersebut tetap didata oleh PPS dan akan dilaporkan ke KPU Kabupaten Kulon Progo untuk ditindaklanjuti.

Pada saat itu KPU Kulon Progo juga melayani pemilih dari Kalibawang yang akan pindah memilih sebanyak 3 orang, dengan alasan sekolah dan bekerja diluar domisilinya.

Ketua Divisi Perencanaan,Program dan Data Informasi yang membidangi pemutakhiran data pemilih, Yayan Mulyana pada kesempatan itu menyampaikan bahwa KPU akan melayani pemilih luar yang akan menggunakan hak pilih di TPS tertentu di wilayah Kabupaten Kulon Progo sesuai dengan yang diamanatkan peraturan KPU untuk mempermudah penggunaan hak pilih. Yayan menyampaikan pelayanan pemilih pindahan akan dilaksanakan sampai 60 hari sebelum hari pemungutan suara , yaitu terakhir pada tanggal 15 Februari 2019. Untuk itu KPU Kabupaten akan memanfaatkan waktu sebaik baiknya untuk  membuka posko pelayanan yang didekatkan dengan dimana pemilih itu tinggal.