KPU Kulon Progo Silaturahmi Dengan Kodim 0731/Kulon Progo

KPU Kulon Progo Silaturahmi Dengan Kodim 0731/Kulon Progo

Bertempat di Markas Komando Distrik Militer (KODIM) 0731 Kulon Progo,  DIY. Pada hari Senin (4/2/2019) KPU Kabupaten Kulon Progo mengadakan pertemuan silaturahmi antar instansi  guna membahas simulasi pengamanan Pemilu serentak pada 17 April 2019

Dalam kunjungan tersebut, Ketua KPU Kulon Progo Ibah Muthiah dan empat Komisioner lainnya, beserta Sekretaris KPU,  disambut hangat oleh Komandan Kodim (Dandim) 0731/Kulonprogo Letkol Inf Dodit Susanto.  Menurut Dandim bahwa kunjungan ini adalah bentuk silaturahmi yang baik antara KPU Kulon Progo dan Kodim 0731 Kulon Progo. Bahwa menjaga kondisi yang kondusif selama pelaksanaan tahapan pemilu adalah sudah merupakan bagian dari tugas Kodim, selaku unsur keamanan di wilayah. Kami juga mengucapkan terimakasih pada jajaran KPU Kota Palembang yang telah melakukan koordinasi dan komunikasi secara baik, sehingga dapat dilakukan antisipasi segala kemungkinan terjadinya gangguan keamanan. Kami berharap, komunikasi ini akan terus terjalin, tidak hanya terbatas pada event-event pemilu saja.

Komandan Kodim 0731/Kulonprogo Letkol Inf Dodit Susanto memaparkan dalam pertemuan tersebut Kodim 0731 Kulon Progo bersama Polres Kulon Progo  akan mengadakan  Simulasi yang merupakan rangkaian persiapan pengamanan pemilu yang telah dilangsungkan sejak 10 Januari lalu dengan mengambil tempat kegiatan di Alun Alun Wates, Kamis (7/2/2019) dan akan  dilanjutkan di kompleks KPU Kulon Progo pada Sabtu (9/2/2019), tambah beliau

Pada simulasi ini belasan anggota Sat Pol PP, 75 personel Kodim, satu pleton Satradar 215 Congot, serta 100 personil yang terdiri dari pasukan pengendali massa (Dalmas) dan penimbul situasi dari Polres Kulon Progo dilibatkan. Satu unit mobil water canon dan puluhan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat juga dikerahkan untuk digunakan patroli saat pemilu berlangsung. Pada simulasi nanti, akan diskenariokan puluhan polisi dan tentara berpakaian preman mencoba mengacaukan pemilu karena tidak terima dengan hasil perolehan suara Aksi saling dorong antara massa tidak terkendali dan berakhir ricuh. Latihan pengamanan Pemilu 2019 penting sebagai persiapan pengamanan guna menjaga kondusifitas selama pemilu berlangsung. Melalui latihan bersama ini adalah sebagai upaya antisipasi lain dengan mengajak caleg ataupun parpol peserta pemilu untuk duduk bareng menjalin komitmen pemilu damai.  

Selain itu, Dandim  juga menegaskan bahwa personel jajaran Kodim 0731/Kulon Progo  dipastikan akan netral dalam proses pelaksanaan Pemilu 2019,  Dia memastikan akan menindak tegas jika ada yang terbukti memihak.

“Kita jelas tegas dalam Pemilu ini. Semua personel Kodim akan menjaga netralitas. Karena itu yang sudah diingatkan, tidak ada prajurit berpihak kepada satu pihak pada Pilpres maupun Pileg di tingkat satu sampai tingkat dua,” tutupnya.