KPU Kabupaten Kulon Progo Terima Logistik 341.591 Surat Suara

KPU Kabupaten Kulon Progo  Terima Logistik 341.591 Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo mulai menerima distribusi surat suara yang akan dipakai untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019.  Logistik berupa surat suara baru tiba di gudang KPU Kulonprogo Jumat (8/3/2019) petang . Itupun baru sebatas untuk surat suara untuk DPR RI.

“Semuanya ada 341.591 surat suara yang dikirimkan,” kata Ketua KPU Kulonprogo Ibah Mutiah, Surat suara yang diterima ini hanya untuk DPR. Sedangkan untuk surat suara DPRD DIY, DPRD Kulonprogo maupun DPD dan surat suara pilpres belum ada kejelasan. 

Rencananya KPU Kulonprogo akan diundang ke KPU RI untuk pengecakan draft surat suara sebelum dicetak. “Yang lain belum tahu, tanggal 13 (Maret) kita akan ke Jakarta untuk cek draft surat suara,” katanya.

Ketua KPU Kulonprogo, Ibah Muthiah mengatakan surat suara kiriman dari KPU RI sudah datang semua pada Jumat (8/3/2019) sore. “Distribusi  Surat suara ini dikirim menggunakan jalur darat menggunakan truk kontainer dari Solo. Proses pengiriman dikawal oleh aparat kepolisian. Setiap 500 surat suara dikemas ke dalam kardus. Sehingga total ada 683 kardus. Satu kardus lainnya hanya berisi 91 lembar. Menurut Ibah, jumlah surat suara yang dikirimkan ini belum sesuai dengan kebutuhan. Pencetakan surat suara masih menggunakan hasil pleno DPHTB tahap 2. 

Sebelumnya surat suara tersebut dicetak di Solo, lalu KPU Kulonprogo menjadi lokasi pengiriman surat suara pertama di DIY. Bersama logistik lainnya, surat suara tersebut akan diamankan di Gudang KPU Kulonprogo.

“Pengamanan di gudang, petugas kepolisian berjaga selama 24 jam nonstop. Bahkan gudang KPU juga sudah dijaga sejak beberapa bulan lalu, setelah ada distribusi kotak suara dan bilik suara,” katanya.