Dinas Perpustakaan dan Kearsipan siap membantu pengelolaan arsip KPU Kabupaten Kulon Progo

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan siap membantu pengelolaan arsip KPU Kabupaten Kulon Progo

 

Pada hari Selasa, 12 Nopember 2019 KPU Kabupaten Kulon Progo bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon progo melakukan tukar informasi terkait kearsipan Pemilu.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Agus Santoso, Kepala Bidang Kearsipan Widarjo, Kepala seksi Akuisisi Pelestarian Pengelolaan dan Dokumentasi Kearsipan Kandar Abadi, arsiparis Subarjo dan Retno Wahyuningsih. Pihak KPU Kabupaten Kulon Progo yang mengikuti kegiatan tukar informasi adalah seluruh Komisioner dan kasubag yang ada di lingkungan KPU Kabupaten Kulon Progo.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Ibah Muthiah menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Kulon Progo akan banyak belajar kepada Dinas Kearsipan, mengacu kepada PKPU nomor 17 Tahun 2016 tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif dan Fasilitatif Kepegawaian dan non Keuangan KPU dimana dalam salah satu amarnya menyatakan bahwa harus menyerahkan arsip inaktif permanen dari unit kearsipan di lingkungan KPU Kabupaten/Kota kepada Lembaga Kearsipan Daerah (LKD).

Dalam pertemuan santai dan akrab yang disertai dengan beberapa lelucon ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo pada prinsipnya akan menerima arsip inaktif permanen, tetapi pada saat ini meskipun statusnya sudah diserahkan, dokumen arsipnya tetap ada di unit kearsipan KPU, mengingat pada saat ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan belum memiliki Depo kearsipan yang memadai.
“meskipun saya di rumah, kalau musim hujan begini, saya selalu khawatir dengan arsip-arsip yang ada di tempat kami, karena deponyanya belum standar” tutur Pak Widarjo.

Dalam pertemuan ini, Dinas Kearsipan juga membuka ruang bagi KPU Kabupaten Kulon Progo untuk mendapatkan penguatan kapasitas dalam bidang kearsipan jika membutuhkan.

Pertemuan diakhiri dengan peninjauan pengelolaan arsip di gudang KPU Kabupaten Kulon Progo.